Zakat dan Shadaqah Dinar dan Dirham Muslim Balikpapan

Bismillaahir Rahmaanir Rahiim,

Assalaamu ‘Alaikum Wr.Wb.,
Balikpapan, 17 September 2010 (posted in http://www.wakalanusantara.com)
Zakat dan Sedekah Dinar Dirham Muslim Balikpapan
Tidak sedikit kaum muslimin menggunakan bulan Ramadhan sebagai batas waktu untuk pembayaran zakat mal.

Demikian pula di Balikpapan, dalam bulan Ramadhan berlangsung pembayaran zakat mal di beberapa institusi setempat, seperti LAZ Amanah Ummah, Dompet Dhuafa Kal Tim, Rumah Zakat, PKPU, dan Baitul Maal Hidayatullah. Yang penting diketahui: makin banyak umat Islam di kota minyak ini yang membayarkan zakat malnya dalan Dinar emas dan Dirham perak. Sedang untuk mendistribusikannya terlibat juga Robithoh Ma’ahad Islamiyah (Asosiasi Pesantren) kota Balikpapan.

Pada tahun 2010 ini total pembayaran zakat mal dalam dinar-dirham di Balikpapan sekurangnya berjumlah 42 dinar dan 450 dirham. Sebuah peningkatan yang sangat tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain untuk pembayaran zakat mal koin dirham juga banyak yang dibayarkan sebagai infak dan sedekah. Banyak kotak infak di beberapa mesjid memperoleh dirham perak, baik waktu salat jum’at maupun salat taraweh.

Bapak Muhammad Padri, seorang pengusaha di Balikpapan, menyedekahkan cukup banyak dirham di mesjid di dekat tempat tinggalnya. Dalam suatu acara berbuka puasa bersama anak-anak yatim, sedekah juga diberikan berupa dirham. Tausiyah pengenalan nuqud nabawi ke hadirin di acara tersebut disampaikan oleh petugas Wakala Al-Fatih, Balikpapan.

Selain itu, sedekah berbentuk dirham, sebagai bagian dari sunnah aqiqah, juga berlangsung di Balikpapan. Keluarga Nur Fadli, menyedekahkan 2,5 dirham setelah acara pemotongan rambut bayi bernama Alzafina Humayrah, putri pertama keluarga tersebut.

Bapak Ustadz Ahmad Rosyidi , Ketua RMI , pun menyatakan kegembiraannya melihat perkembangan penerapan Dinar Dirham di Balikpapan. Ia berjanji untuk terus mendukung syiar penggunaan nuqud nabawi ini. Semoga penggunaan dinar-dirham makin berkembang di masyarakat, bukan cuma di Balikpapan, tapi di seluruh penjuru Nusantara.

Terima Kasih dan Salam 165

Manajemen Timersnet

Bertindak Atas Dasar Kejujuran, Keyakinan dan Rasa Hormat

https://timersnet.com/product/170-zakat-dan-sedekah-dinar-dirham-muslim-balikpapan-180910.html

Leave a comment